Vritta.id-Guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 (RAFI 2023), keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 18 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Sulawesi dan Maluku Utara.
POI tersebut mencakup 1 area residensial, 13 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), serta 4 masjid raya.
Kementerian Perhubungan RI secara nasional telah memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang atau tumbuh 14,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Telkomsel juga memproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan selama RAFI 2023. Untuk trafik layanan data/ broadband, diperkirakan melonjak hingga 8,52 persen. Pertumbuhan tersebut diperkirakan dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama RAFI 2023, seperti layanan streaming video tumbuh 8,6 persen, layanan mobile gaming naik 68,9 persen, akses browsing melonjak 2,4 persen, dan akses layanan e- commerce meningkat 20,9 persen. Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 5,69 persen serta layanan pesan singkat (SMS) turun sekira 11,66 persen.
General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Sulawesi Muhammad Idham Kadir mengatakan bahwa penguatan kapabilitas infrastrukur jaringan yang mendukung 18 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Sulawesi dan Maluku telah direalisasikan lewat berbagai program.
“Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan yang mendukung 18 POI juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 651 BTS 4G/LTE dan 6 BTS 5G. Telkomsel sejak 2022 secara bertahap dan terukur telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 91 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini,”kata Muhammad Idham.
#NyalakanKebersamaan untuk Berbagi Kebaikan kepada Sesama
Sebagai komitmen mendorong semangat berbagi di momen RAFI 2023, Telkomsel juga senantiasa mengoptimalkan kemanfaatan perusahaan dalam membantu mengatasi tantangan sosial ekonomi dengan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat melalui sejumlah aktivitas CSR.
Serangkaian kegiatan berbagi kebersamaan kepada masyarakat yang membutuhkan akan digelar Telkomsel, antara lain dengan penyerahan bantuan kepada 56 masyarakat duafa dalam kondisi sakit/ penyandang disabilitas, 56 guru mengaji, 360 masyarakat duafa yang mendapatkan paket buka puasa/ sahur gratis, 400 masyarakat duafa yang mendapatkan paket bantuan sembako, 57 masjid/280 yayasan duafa/ disabilitas/panti jompo.***
Tidak ada komentar